Selasa, 22 September 2015

Keajaiban puasa NABI DAUD



Apakah Anda tahu apa itu Puasa  nabi Daud?

 Lalu apa bedanya dengan puasa ramdhan? Puasa Daud disini adalah Puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari Abdullah bin Amr bin Al’ash, ia berkata bahwa Rasulullah S.A.W mengatakan padanya.

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ 
 نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” [HR. Bukhari no. 1131].

Sejarah Puasa Daud
Sebelum saya menjelaskan terkait Faedah dari menjalani Puasa Daud, perlu kita ketahui bagaimana sejarah dari Puasa Daud itu sendiri bagaimana.
Sudah diketahui bersama, bahwa Nabi Daud adalah seorang Nabi Allah Yang mempunyai amalan shalat dan puasa yang itu disukai oleh Allah. Dengan kehebatan inilah Nabi Muhammad memberitahukan kepada para sahabat-sahabatnya tentang cerita Nabi Daud A.S.
Dikisahkan dalam hadits. Dimana seorang pengikut Nabi Muhammad SAW, menanyakan kepada Nabi tentang puasa sunnah yang baik. Nabi menjawab yang tersurat dalam sebuah hadist. Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun, yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” [Shahih Muslim, 1971]
“Nabi Daud As. biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” [HR Bukhari]

Kemampuan Nabi Daud berpuasa, ternyata mampu menurun kepada anaknya, Nabi Sulaiman. Menurut Ibn Abbas, Nabi Sulaiman berpuasa tiga hari pada awal bulan, tiga hari pada pertengahan bulan dan tiga hari pada akhir bulan. Jadi, beliau disini mengawali bulan dengan puasa, menjalani pertengahan dengan puasa, dan menutupnya dengan puasa pula.
Jika diketahui, sebenarnya hampir setiap Nabi memiliki aktivitas berpuasa yang sesuai konteksnya, dimana disebutkan dalam Al Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183,  “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu (Umat Muhammad) berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar bertaqwa”



Manfaat Puasa Daud

Dari hasil studi yang dilakukan oleh para pakar ditemukan bahwa banyak sekali manfaat puasa daud terhadap kesehatan tubuh. Berdasarkan pendekatan beberapa penelitian dan juga para ahli, manfaat puasa daud diantaranya ;
  1. Meningkatkan sistem Imune
Menurut Riyad Albiby dan Ahmed Ekadi , berpuasa mempunyai faedah dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit karena fungsi sel limfa menunjukkan peningkatan dalam produksi sel limmfosit T.
  1. Memunculkan daya tarik seseorang
Kemudian menurut Alvenia M. Fultorn, manfaat dari berpuasa adalah mampu menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat seseorang. Puasa disini mampu mempercantik wanita secara alami karena mampu menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk tubuh menjadi lebih indah
  1. Lebih Awet Muda
Menurut Dr. Yuri Nikolayev, aktivitas puasa disini mempunyai khasiat akan membuat seseorang menjadi awet muda secara fisik, mental dan spiritualnya.
  1. Kesehatan mental
Selain itu, menurut Allan Cott, puasa disini memiliki khasiat / manfaat terhadap pengaruh fisik,dan mental menjadi lebih baik. Membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak. Mengendorkan ketegangan jiwa, Menajamkan fungsi indrawi, dan memperlambat proses penuaan dini.
  1. Mencegah resiko penyakit jantung
Dan Yang terakhir berdasarkan pendapat Jalal Saour, dimana ketika berpuasa dikarenakan berkurang cairan dalam tubuh, akan mampu menurunkan kerja jantung, dan disini mencegah penggumpalan darah sebagai salah satu penyebab penyakit jantung.
  1. Detoksifikasi alami
Rutinitas puasa, apalagi puasa Daud disini mempunyai fungsi sebagai detoksifikasi (mengeluarkan kotoran , racun dari dalam tubuh) , meremajakan sel-sel yang mati, dan mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel yang baru.
  1. Untuk kecantikan kulit
Puasa bisa berguna untuk menjadikan kulit lebih terlihat segar, sehat, lembut dan  berseri alami. Hal ini dikarenakan , ketika berpuasa tubuh akan mengalami metabolisme yang tinggi, dan ketika ini terjadi setiap organ dalam tubuh akan mempunyai cadangan energi, ketika berpuasa tentunya energi tersebut akan dikeluarkan sehingga mampu menciptakan rasa lega pada organ-organ penyimpanan tersebut.
  1. Meningkatkan Ketaqwaan
Disini, tidak lain dan tidak bukan, secara tujuan dari puasa adalah meningkakan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada –Nya melalui puasa, maka Kita pun akan lebih terjaga dari api neraka .
  1. Mempertajam perasaan
Selain itu, ketika kita menjalankan puasa Daud, dengan asumsi secara jangka waktu dan proses puasa Daud yang seperti itu, akan mempengaruhu perasaan kita. Percaya atau tidak dengan menjalankan puasa Daud, perasaan kita akan semakin tajam, selalu mawas diri dan terlindung dari segala kejahatan.
  1. Menambah pengetahuan
Yang terkahir adalah aspek pengetahuan , Janji Allah akan memberikan pengetahuan yang tidak diduga-duga kepada orang yang melaksanakan puasa Daud. Seluruh pengetahuan berasal dari Allah, dan beruntunglah bagi mereka yang melaksanakan puasa Daud, karena Allah akan menganugerahkan ilmu yang istimewa kepadanya. Hal ini dikarenakan asumsinya dalam proses menjalankan Puasa Daud, secara waktu luang tidak akan tersia-sia dimana kita nantinya akn berusaha mengisi waktu luang, seperti membaca buku, bermain game atau selainnya yang lebih bermanfaat.
  1. Terpelihara dari Maksiat
Orang yang senantiasa menjalankan, dengan niat ikhlas karena Allah niscaya akan terpelihara dari berbuat maksiat. Karena puasa menjauhkan diri kita dari perbuatan-perbuatan yang dikendalikan oleh hawa nafsu.
  1. Menerima pemberian Allah dengan lapang Hati
Orang yang menjalankan ibadah Puasa Dauh niscaya akan dikaruniai oleh Allah akan rasa lapang dada, menerima terhadap apa saja pemberian Allah .
  1. Mampu mengendalikan Emosi
Seseorang yang istiqomah menjalankan puasa Daud, akan dimudahkan oleh Allah agar manusia senantiasa menahan emosi / rasa amarah.
  1. Menentramkan Jiwa
Manfaat puasa daud lainnya yang tidak kalah penting bagi kesehatan adalah mengenai ketentraman jiwa. Ketika seseorang yang rela menjalankan puasa Daud, ia akan merasa dilindungi. Dan Ketentraman akan lebih dekat kepadanya
  1. Menjadi Hamba Yang Bersyukur
Dengan berpuasa Daud, kita akan menjadi hamba Yang lebih bersyukur dalam hal ini menjaga rezeki kita, menjaga pemberian Allah SWT ,serta mampu menjadi hamba yang amanah terhadap apa yang sudah dimiliki.


Berbagai manfaat yang di buktikan oleh penelitian dan pendekatan beberapa pendapat diatas, sebenarnya menunjukkan bahwa Puasa Daud cukup bermanfaat bagi tubuh kita. Memang secara prinsip awal, puasa mempunyai banyak hikmah dan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Serta kecantikan kulit dan wajah. Ketika menjalani puasa, seluruh organ di dalam tubuh akan berisitirahat dan sel-sel memanfaatkan untuk menghimpu diri agar bisa bertahan hidup.  Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai menjadikan puasa daud sebagai salah satu ibadah yang rutin dilaksanakan.

Lafadz niat puasa Nabi Daud yang umumnya dibaca adalah sebagai berikut :


نويت صوم داود سنة لله تعالى

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA
"Saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala"

Kalaupun niat puasa hanya dengan bahasa Indonesia atau bahasa Anda sendiri, tidak pakai bahasa Arab, tidak masalah dan tetap niat puasanya sah, karena niat yang terpenting ada di dalam hati.

Puasa sunnah yang paling utama sebagaimana diungkapkan dalam hadist Rasulullah SAW adalah puasa Daud. Mengingat puasa ini memiliki banyak keajaiban dan keistimewaan.

Adapun keajaiban-keajaiban yang secara umum dialami oleh orang-orang yang menjalankan puasa Daud diantaranya sebagai berikut:

·         Terpelihara dari maksiat, Orang yang senantiasa menjalankan puasa Daud, dengan niat ikhlas karena Allah niscaya akan terpelihara dari berbuat maksiat. Apabila ia akan melakukan suatu pekerjaan yang ada unsure maksiat niscaya akan selalu ada kekuatan ghaib (semacam bisikan) yang secara tiba-tiba menyeruak dalam hatinya. Jasmani dan Ruhaninya seperti ada yang menjaga, pagar yang membuat langkah dan sepak terjangnya selalu dalam bingkai aturan dan ridha Allah. Apabila ia berniat hendak melakukan kejahatan yakni menganiaya orang lain maka Allah akan memberinya rasa iba atau kasihan sehingga ia mengurungkan niat buruknya tersebut.

·         Tumbuhnya akhlakul karimah (akhlak yang baik), Salah satu rahasia Puasa Daud yaitu dikaruniai budi pekerti yang luhur. Manakala bertutur kata senantiasa santun, sabar, rendah hati, suka mengalah, tidak egois, senang berteman sehingga orang lain melihatnya menarik dan penuh kesan.

·         Menerima pemberian Allah dengan lapang hati, Orang yang mengerjakan puasa Daud niscaya Allah mengaruniakan kepada orang tersebut rasa menerima terhadap apa saja pemberian Allah baik buruk maupun baik.

·         Berfikir positif, kreatif dan inovatif, Orang yang mengerjakan puasa Daud niscaya akan dikaruniai pikiran yang senantiasa positif.

·         Menumbuhkan sifat Hilm (emosi dapat ditahan dengan baik, Rasa Hilm atau mampu menahan emosi akan dikaruniakan oleh Allah kepada orang yang istiqomah menjalankan puasa Daud. Sebab pada dasarnya orang yang hendak melakukan puasa Daud harus siap untuk bersifat sabar. Adapun cara mencegah marah itu yaitu dengan berwudhu’, Merubah posisi, dan mencari kesibukan.

·         Menentramkan jiwa, Orang yang menjalankan puasa Daud jiwanya akan merasa tentram, sebab ia merasa dekat dengan Allah dan Allah adalah Dzat dapat menolong setiap hamba-Nya yang membutuhkan pertolongan. Ketentraman jiwanya bisa dirasakan dimana saja dan kapan saja. Karena sesungguhnya ketentraman jiwa yang diperoleh oleh orang yang menjalankan puasa Daud tidak terikat oleh ruang dan waktu.

·         Bertambah wibawa, Orang yang biasa menjalankan ibadah puasa Daud niscaya dirinya akan bertambah wibawa di hadapan orang lain. Jika ia seorang guru ia akan disegani oleh murid-muridnya. Jika ia seorang bupati niscaya dihormati oleh bawahannya dan apabila dia seorang bawahan niscaya dia akan dihormati oleh atasannya.

·         Mendatangkan rejeki yang tidak disangka-sangka, Puasa Daud bisa menjadi salah satu pintu datangnya rejeki. Tentu saja hal ini adalah rejeki yang dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

·         Menjadi hamba yang bersyukur, Bersyukur merupakan salah satu ibadah mulia kepada Allah yang mudah dilaksanakan, tidak memerlukan tenaga dan pikiran. Bersyukur atas nikmat Allah berarti berterimakasih kepada Allah karena kemurahan-Nya. Dengan bersyukur berarti kita mengingat Allah yang Maha Kaya, Maha Pengasih, maha Penyayang, dan Maha Penyantun. Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu bersyukur dengan hati nurani, bersyukur ‘billisan’ (dengan ucapan), bersyukur dengan perbuatan yang biasanya dialkukan oleh anggota tubuh.

·         Suasana Rumah Tangganya senantiasa Harmonis, Rumah tangga yang harmonis merupakan dambaan setiap orang. Sebab itu rumah tangga yang harmonis itu tercipta suasana yang nyaman, tenang, damai dan menyenangkan hati. Puasa Daud dapat dapat mendukung terciptanya keluarga yang harmonis (sakinah, mawaddah, warahmah).


Selian yang diungkapkan diatas Puasa Daud juga masih memiliki keajaiban-keajaiban lain misalnya seperti mengalah demi orang lain, menumbuhkan sifat percaya diri, menumbuhkan gairah menuntut ilmu, menuntut diri berbakti kepada kedua orang tua, terhindar dari celaan dan hinaan orang lain, senantiasa dihargai orang lain, menumbuhkan sifat tawadhdu’ (rendah hati), beribadah lebih khusyu’, senantiasa ikhlas dalam beramal, kehidupannya senantiasa rukun, damai dan tenteram bersama keluarga dan tetangga, rejekinya dicukupkan, peka dengan perkembangan zaman, menumbuhkan rasa penuh dosa, menumbuhkan rasa malu kepada Allah, semangat dalam memberdayakan orang lain, dapat diterima semua kalangan atau kejadian-kejadian luar biasa yang bisa dirasakan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa Daud.

28 komentar:

  1. alhamdulillah saya sedang belajar menjalankan puasa daud dengan niat hanya karena Allah swt...terimakasih untuk artikelnya...menjalankan puasa daud memang luar biasa pengalaman yg saya rasakan ketika menjalankannya, puasa daud dapat menembus persolan yang tak terlihat oleh mata....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bagaimana? Bisa menembus persoalan yang tak terlihat oleh mata.

      Hapus
  2. bissmillah....alhamdullilah...semoga yang melaksanakan puasa sunah(puasa daud),Allah memudahkan urusannya dan memberikan ridho dan rahmatnya serta semoga di berikan kebahagiaan dunia dan akhirat....Aamiin ya Allah huma Aamiin

    BalasHapus
  3. Saya sedang menjalankan puasa nabi daud

    BalasHapus
  4. untuk hariya dimulai dari apa ya, klo dari senin nanti kamisya gak masuk puasa itu terus gmna mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, jika menjalankan puasa Daud tidak boleh digabung dengan senin kamis. Puasa Daud adalah bab tertinggi puasa sunnah, jika digabung maka gugur puasa Daud nya. Coba bapak lihat kahian ust Khalid Basalamah di youtub mengenai puasa Daud. *maafkan jika ada penjelasan yg salah.

      Hapus
    2. Setahu saya, jika menjalankan puasa Daud tidak boleh digabung dengan senin kamis. Puasa Daud adalah bab tertinggi puasa sunnah, jika digabung maka gugur puasa Daud nya. Coba bapak lihat kahian ust Khalid Basalamah di youtub mengenai puasa Daud. *maafkan jika ada penjelasan yg salah.

      Hapus
    3. Jika sudah menjalankan puasa daud, gak perlu lagi puasa senin kamis.. klopun saat puasa daud jatuh di hari senin atau kamis, selain menjalankan puasa daud, boleh diniatkan untuk puasa senin kamis.. hal ini dikarenakan puasa dalam hari yang bertepatan.. bisa juga saat bertepatan dgn ayamul baidh.. jd insyaAllah akan tercatat amal dgn pahala puasa daud, senin kamis, skaligus ayamul baidh.. waAllahu'alam

      Hapus
    4. Jika sudah menjalankan puasa daud, gak perlu lagi puasa senin kamis.. klopun saat puasa daud jatuh di hari senin atau kamis, selain menjalankan puasa daud, boleh diniatkan untuk puasa senin kamis.. hal ini dikarenakan puasa dalam hari yang bertepatan.. bisa juga saat bertepatan dgn ayamul baidh.. jd insyaAllah akan tercatat amal dgn pahala puasa daud, senin kamis, skaligus ayamul baidh.. waAllahu'alam

      Hapus
  5. Alhamdulillah.. trimakasih artikelnya,

    BalasHapus
  6. Smg bermanfaat bagi anda semua

    BalasHapus
  7. semoga yang menjalankan puasa daud dimudahkan segalaburusan nya dan xilapangkn rejeki nya amiin

    BalasHapus
  8. Mohon nasehatnya, jika bertepatan dgn 2 hari raya & hari tasyrik gmn puasa nya. Apakah di lanjut kan di hari berikut nya atah gmn ya ?
    Terima kasih sebelumnya ...

    BalasHapus
  9. buat temen temen YANG SEDANG jalankan puasa daud dan pengin tambah istiqomah dalam menjalankan puasa daudnya bisa gabung ke grup wa pencintapuasadaud di https://api.whatsapp.com/send?phone=6281213143168

    BalasHapus
  10. Yg penting dibarengi dgn niat yg ikhlas.smg ibdh puasa kita Di terima Allah SWT.. Aamiin.

    BalasHapus
  11. Subhanalloh bagus sekali artikelnya InsyaAlloh kita masih belajar untuk istiqomah shoum daud Amiin amiin YRA

    BalasHapus
  12. Alhamdullilah smg konsisten dlm menjalankan puasa nabi daud..shg hasilnya bs dpt i..aaminn

    BalasHapus
  13. Semoga kita umat nabi Muhammad termasuk umat yg disanyangi Allah YME

    BalasHapus
  14. Alhamdulilah sy menjalankan shaum Dawud, sudah hampir 2 thn, tapi bila sy sedang ada tugas ke luar kota tidak menjalankan shaum, bgt juga bila menerima undangan (resepsi), tidak shaum,,,

    BalasHapus
  15. klw hari ini kita niat puasa nabi daud,apa sehari kemudian kita mandi niat puasa daut lagi.mohon berbagi ilmu...

    BalasHapus